Kak Shela sedang memandu acara di depan adik - adik TK Katolik Santo Paulus |
Tema One Day Without Gatget diambil pada Kegiatan Jambore Ceria TK Katolik Santo Paulus Bojonegoro, Kamis, 17 Oktober 2019 di Area Taman dan Halaman Gereja Santo Paulus Bojonegoro.
Konsep kegiatan dikemas dalam bentuk kemah sehari, yang diisi dengan kegiatan berarti. Kak Shela dan Tim dari Relawan TIK Bojonegoro mengisi kegiatan tentang Literasi bagi anak. Literasi yang diangkat dikemas dalam bentuk Permainan Edukatif dan menyenangkan. Ada Permainan Ular Tangga Internet Sehat, Footprint Racing, River Cross and Shaping.
Permainan Ular Tangga Internet Sehat
Area Permainan Ular Tangga Internet Sehat TKK Santo Paulus Bojonegoro |
Konsep permainan ini berupa konsep permainan ular tangga yang berisi kotak - kotak angka yang dimulai dari angka satu. dalam kotak tertentu ada ekor ular dan kaki tangga. Peserta akan berjalan sesuai dengan jumlah angka dadu yang mereka lempar. ketika angka terakhir sampai pada ekor ular, mereka harus turun ke kotak yang terdapat kepala ular. Mereka akan naik ke kotak ujung tangga ketika memperoleh angka dadu tepat di kotak yang ada kaki tangga. Dikatakan permainan Ular Tangga Internet sehat karena setiap kolom/kotak mengandung pesan - pesan baik dalam penggunaan internet secara sehat.
Area Games Footprint Racing |
Permainan perlombaan dan uji kepekaan siswa terhadap tanda tubuh mereka, tangan kanan harus diletakkan pada gambar telapak tangan kanan, telapak tangan kiri diletakkan pada gambar cetak tangan kiri, begitu pula dengan gambar telapak kaki sesuai dengan tanda yang tercetak. Dan mereka berlomba start bersama dari 2 sudut yang berbeda. sangat menarik dan ramai sekali ketika peserta sudah berada di tengan area permainan, karena mereka rata - rata bertemu dengan tim yang berangkat dari sudut satunya.
River Cross Game
Peserta sedang menyelesaikan tantangan River Cross Game |
Peserta berbaris berbanjar sesuai dengan kelompok yang terbentuk. Selanjutnya mereka sudah disiapkan jalur start dan finish berupa tanda buatan. Pemandu akan menjelaskan dan memberikan pengantar cerita bahwa mereka akan menyeberangi area yang ditandai dengan menggunakan media matras spon dengan jumlah 3 buah. Dalam cerita disampaikan bahwa peserta tidak boleh menginjakkan kaki selain di area matras. Resiko kaki putus, terluka jika menginjakkan kakinya di luar matras. Permaiann dilombakan barang siapa kelompok yang selesai lebih dahulu sampai di ujung merekalah pemenangnya.
Area Shaping Games |
Dalam shaping Games ini, di area lapangan terbuka disebarlah sejumlah bola dengan jumlah yang ditentukan dan bola berwarna warni. Tugas peserta membentuk bangun 2 dimensi sesuai arahan dari pemandu. Contoh peserta membentuk lingkaran dari bola hijau, maka peserta akan berlomba mengumpulkan bola sesuai warna untuk membentuk lingkaran. demikian seterusnya bentuk sesuai arahan dari pemandu kegiatan.
Dipandu langsung oleh Kak Shela dan Tim, serta panitia, kegiatan berjalan dengan lancar sukses dan menyenangkan. Harapannya dengan kegiatan ini minimal mengurangi intensitas anak terhadap pemakaian smartphone yang selama ini sangat meracuni kehidupan mereka.
Aturan mainnya sangat ketat, semua guru selama satu hari juga puasa terhadap pemakaian smartphone. Luar biasa! Ternyata jauh dari HP lebih dari 2 jam sudah membuat kangen juga dengan gadgetnya. Aturlah smartphone-nya, Jangan mau Kita diatur oleh Smartphone. Itulah Netizen Cerdas.
#JamboreCeria #TKKSantoPaulus #RelawanTIKBojonegoro #RTIKJatim #RelawanTIKIndonesia #BanggaJadiRelawanTIK #Bojonegoro #Produktif #enerjik
Tidak ada komentar :
Posting Komentar